Tips Dan Fakta Seputar Kos-kosan

“Pernah gak sih ketika kalian pulang kekosan dari kampus,sewaktu ngelihat jemuran ada daleman kalian yang hilang?
Atau pernah gak sih kalian pulang kekosan dari kampus,ibu kosan udah nunggu dipintu kamar karna kalian nunggak bayar uang kosan?” Bunga. 19 tahun. Pengalaman pribadi

Dari cerita di atas bisa kita simpulkan betapa sial-nya kehidupan si bunga,agar lo enggak mengalami kejadian seperti si bunga, kali ini gue ingin berbagi mengenai fakta dan tips absurbd seputar kos-kosan,kebanyakan sih tentang kos-kosan cowok ya,karna gue cowok dan gue gak pernah masuk kekosan cewek jadi gue gak tau apa ada persamaan tentang kosan cowok dan cewek, tapi tenang aja ada kok sedikit fakta menarik tentang kos-kosan cewek jadi gak usah khawatir girls.

Dulu semester satu dan dua gue belum kos-kosan,tepatnya waktu itu gue masih di asrama kampus, setelah 1 tahun menempati surga wifi tersebut,kami semua angkatan 2012 dengan ikhlas harus meninggalkan asrama karna ada angkatan 2013 yang bakal menempatinya juga,jadi peraturan asrama itu ya cuma setahun boleh ditempati oleh mahasiswa baru.
Lumayan banyak perbedaan yang gue rasakan semenjak kos-kosan,seperti
       Dulu di asrama yang air dan listrik gratis sepuasnya sekarang harus pandai berhemat.
       Dulu di asrama full servive wifi dan di hotspot wifi ada orang yang menjual makanan secara gratis,sekarang kalo gue mau ngenet ya kewarnet.
       Dulu celana dalem gue sering hilang di jemuran sekarang masih aja sering hilang (okesip ini persamaan)

Berikut adalah beberapa hal absurbd yang bakal lo alami jika menjadi anak kos, hal-hal absurb ini diangkat dari kisah gue dan orang disekitar gue,cekidot :
       Di kos-kosan ini lo bakal ngerasain yang namanya survive di akhir minggu (atau di akhir bulan karena kebanyakan mahasiswa biasanya dikasih uang belanja sekali sebulan). ini merupakan pengalaman pribadi gue,karna tiap seminggu sekali gue pulang dan duit belanja dikasih kalo cuma pulang kerumah,hampir tiap akhir pekan gue survive alias bertahan hidup dari kelaparan dan teriknya matahari,cadangan devisa di hari jum’at dan sabtu lebih parah dari pada krisis eropa karena di hari senin,selasa dan rabu gue berfoya-foya kayak gak kenal dunia,belanja ini itu tanpa inget hari yang akan datang,ya dampaknya gue rasakan di akhir pekan,gue bersusah payah untuk bertahan hidup,untung gue mempunyai teman yang baik dan nasibnya sama kayak gue,jadi kami survive nya duet,gue seneng gue gak menderita sendirian :’).
kalo weekend ya banyakin tidur aja #ProTips

Padahal nih ya di hari minggu sebelum gue balik kekos-kosan lagi, gue selalu memikirkan gimana management pengeluaran yang baik untuk 6 hari kedepan,nyatanya program kerja gue tersebut enggak berjalan baik sama kayak program kerja kartu jakarta sehat 'gubernur itu' tuh.

Dari cerita ngenes gue diatas gue bisa mengambil kesimpulan bahwa gue gak bisa me-management (ini bahasa indonesia nya apaan ya) pengeluaran,gak bisa membuat prioritas dan gak bisa menjadi bendahara dikelas,padahal kalo bisa berhemat,uang jajan yang dikasih nyokap itu banyak lebihnya,emang dasar gue nya aja kali yang bego, Haha.

       Yang selanjutnya bakal lo temukan di kehidupan kos-kosan adalah lo harus milih bayar duit air atau lo harus mandi di kali,kalo yang satu ini gue juga heran, ada beberapa kos-kosan yang memungut uang air terpisah dari uang kos-kosan dan listrik,padahal di tv ada iklan nya loh

         “Tidak ada yang gratis di dunia ini selain air,udara dan nge-LINE                  sepuasnya!!!


Nah loh,wah itu mungkin ibu kosan nya gak punya TV kali.

PS : Di line itu game yang paling keren adalah salon-salonan.

       Selanjutnya adalah lo bakal dihadapkan dengan kegenitan anak kampung ditempat kos-kosan lo berada,ini biasanya dialami  cewek sih,contohnya temen gue, setiap pulang kampus dan melewati warung didepan gang kosannya, pasti doi selalu digangguin preman-preman yang main judi disana,katanya sih tampang yang nongkrong dan gangguin dia disana itu-itu aja orangnya,dan kesimpulan yang gue ambil adalah mereka pengangguran dan mereka butuh hangatnya kasih sayang seperti gue

       Selanjutnya adalah lo bakal menemukan peringatan “gerbang ibu kunci kalo kalian gak balik sebelum jam 9” peringatan ini biasanya ada di kos-kosan cewek,namun berbeda dengan halnya temen gue yang satu ini,sebut aja namanya bunga (gendernya cowok ya),kos-kosan doi mempunyai beberapa peraturan yang menurut gue aneh :
  1.Pulang di atas jam 9 gerbang kos-kosan dikunci.
  2.Gak boleh hidupin TV diatas jam 11 (yang berarti gak bisa nonton bola!!)
 3.Gak boleh bawa pacar kekamar (OKESIP,INI WAJAR!!)

Kalo gue kayak si bunga mah mending gue nemenin om Anas di penjara KPK,pasti gue bakal terkenal dan banyak MEME gue yang lagi digantung di MONAS (Monumen Anas)


Dan yang terakhir, gue bakal kasih tips agar lo aman dan nyaman menjadi anak kos-kosan.
       Jangan pernah menjemur baju deket sama jemuran tetangga kosan ,atau lo bakal ngerasain yang namanya kehilangan sempak dan baju hadiah kepanitiaan lo dikampus.
Lebih aman jemur digenteng

       Taruhlah sendal lo didalam kamar,atau kalo lo tetap ngotot letak sendal diluar,jangan lupa kunci ganda sendal lo tersebut.


       Berbaik-baiklah kepada ibu kosan,ketika lo survive di akhir pekan lo mempunyai alternatif untuk hidup,yaitu numpang makan di rumah ibu kosan.

       Kalo anak ibu kosan lo cakep,jaga selalu hubungan lo sama ibu kos,mana tau lo bakal dijadiin menantu, kan asik tuh.
anak ibu kos gue

       Sediakan 2 buah galon
    
Merk doang aqua, isinya air galon oplosan

     nah ini pengalaman gue di asrama dulu,gue paling kesel dulu hampir tiap hari ada aja anak asrama yang dateng kekamar gue cuma minta air minum doang,gue tanya galon nya kemana sering banget dijawab "lagi kosong ntar sore mau gue bawa ke tukang galon."

Dari kejadian ini terlintas sebuah ide,gimana kalo lo nyediain 2 buah galon dikamar, 1 galon nya lo biarin kosong dan 1 lagi berisi air minum tapi lo umpetin,jadi kalo ada yang dateng minta air minum dan bilang “Bro ada aer minum?” Lo jawab aja “enggak bro,galon gue juga lagi kosong” sambil lo menunjuk ke arah galon kosong tsb.
Tips ini berlaku efektif kalo kos-kosan lo banyak kamarnya seperti rumah susun dijakarta.

       Dan yang terakhir adalah tips paling kampret : Biasanya nih anak kosan kalo udah malem dan lagi ada tugas atau ada keperluan mendadak dan gak punya motor pasti minjem motor temen dong gak mungkin kan minjem ke mang ojek, Iya kan? Iya in aja. gue saranin jangan pernah isi minyak motor lo dalam keadaan full,kalo bisa kondisi motor lo dikosan dalam keadaan nyaris gak ada minyak,supaya apa? 
     Supaya kayak gini nih..
*disuatu malem* “Duh bro,pinjem motor lo dong urgent banget nih” “Engg minyaknya kritis bro,kalo gak percaya liat aja sendiri” “ Ah terserah deh ntar gue isiin minyak motor lo full,mana sini kuncinya gue lagi buru-buru” “nihh” *tampang polos* *dihati seneng* *yes duit gue hemat sepuluh rebu”
Kan ada temen kosan



Sekian tips kos-kosan dari gue,semoga bermanfaat bagi yang ingin mencari kos-kosan.


15 komentar:

  1. Aaah, hidup di kos-kosan dan hidup di rumah susun kurang-lebihnya sama, sama-sama milik bersama, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya bang,enak gak tinggal di rumah susun bg? :D

      Hapus
  2. Wahahaha, absurd banget tips-nya. Pengalaman berat ya gan? wkwkwkw XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya gan, yang gituan mah udah mainstream banget di dunia kos-kosan, hati-hati aja :P

      Hapus
  3. “Tidak ada yang gratis di dunia ini selain air,udara dan nge-LINEsepuasnya!!! <-- iklan telkomsel haha :D

    wah anak ibu kost'nya raisa o_O kalo gitu aku ikutan ngkost lah -,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fandhy : makasih udah mampir gan hahaha sini gabung kekosan gue aja xD

      Hapus
  4. Oh kayak gitu ya.... penting banget nih khususnya buat ane yang melanjutkan ke jenjang perkuliahan tahun ini. Kakak kuliah dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue kuliah dipadang,salam kenal ya, wawasan kitanya anak mana nih?
      siap2 aja menerima kehidupan kos-kosan yang keras ya :))

      Hapus
  5. Nggak semua kostan ga ada wifi
    itu sih tergantung 'lucky' aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada yang pakai wifi juga sih,tarifnya beda :)

      Hapus
  6. haha, keren dan dunia anak kos emang lucu dan menarik kalau diingat. hehe
    mohon kunjungannya gan :
    http://nongkrong-darta.blogspot.com/2016/01/6-fakta-menarik-mahasiswa-di-kos-kosan.html

    BalasHapus