Kegiatan-kegiatan mainstream di bulan puasa

Banyak cara yang dilakukan agar kegiatan dibulan ramadhan tidak terasa hambar dan membosankan. Seperti lebih mendekatkan diri ke Tuhan YME, banyak juga yang lebih memilih bermalas-malasan dengan alasan “save energy, dude”. Orang-orang yang kreatif pasti mempunyai ide atau cara agar bulan ramadhan yang dijalaninya lebih bermakna. Setelah gue melakukan survey kecil-kecilan dan setelah gue melihat trend yang masih mirip dengan bulan puasa yang sebelumnya, gue dapat menyimpulkan beberapa kegiatan mainstream yang sering dilakukan keitka bulan ramadhan sebagai berikut :

1. Do the kalong (Ngalong)
Maksud dari kata-kata ini adalah lo bertingkah layaknya kalong, biasanya setelah berbuka puasa orang-orang yang termasuk tipe ini  melakukan hal-hal yang super aktif dan gak tarawih, seperti kumpul bareng temen, main PS atau nobar piala dunia sehingga gak terasa sahur akhirnya tiba, setelah sahur mereka lalu merasakan ngantuk yang sangat hebat, dan ketiduran sampai maghrib . Nah itu yang disebut do the kalong.

2. Ngabuburit
Ngabuburit ini menurut gue defenisinya adalah menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa tiba. Biasanya anak muda yang trying to be gaul nongkrongnya di tempat-tempat bergengsi padahal cuma pesen paket hemat dan nikmatin wifi doang #CurhatanHati. Biasanya juga kegiatan mainstream selama ngabuburit ini adalah kumpul-kumpul, main futsal atau main basket. Menurut gue hal ini terlalu mainstream dan membosankan, coba deh lo lakukan hal-hal yang anti mainstream dan greget kayak tawuran sama FPI, swiping di di pantai kuta ataupun aksi mogok makan menuntut diberdayakan nya para jomblo didepan kantor gubernur.. LAH

3. BUKBER
Plis deh bro ini kegiatan paling mainstream dan yang paling gue tunggu, biasanya orang-orang yang mempunyai relasi atau hubungan pertemanan yang luas pasti udah mempunyai jadwal-jadwal berbuka bareng bahkan sampai keteteran dengan jadwal tersebut, Contohnya gue ,gue walaupun gak mempunyai terlalu banyak temen di dunia nyata, namun gue mempunyai jadwal bukber yang lumayan padat. “LAH KOK BISA GAN???” Lo mau coba juga gak? Ini tips nya bro:

- Searching buka bareng gratisan di kampus lo, biasanya banyak mahasiswa yang melakukan buka bersama gratisan, nah lo ikutan deh, jangan malu-malu.. kalo untuk perut gak ada yang di maluin. Okesip ini prinsip.

-Ikutan buka bareng di SMA lo dulu, biasanya junior-junior di SMA lo bakal melakukan buka bareng dengan motto mainstream “lebih menjalin tali silaturahmi bersama alumni” nah lo dateng kesitu, kalo SMA lo gak mengadakan acara tersebut coba deh dateng ke SMA tetangga. Junior disana kan gak bakalan kenal kalo lo bukan tamatan disitu

Mosque to the mosque principal
Ini adalah teori  yang pengen gue patenkan di  Direktorat jenderal hak kekayaan intelektual. Jadi prinsipnya ini adalah lo nimbrung dari satu mesjid ke mesjid yang lain tiap harinya, karena pasti di setiap mesjid-mesjid tersebut  ada buka bersama, nah lo dateng aja kesana dan santap semuanya, kalo ada yang berlebih bisa lo bungkus untuk bekal sahur.

 4. Mantengin jam
Ini adalah hal yang paling sering gue lakukan, biasanya menit-menit datangnya waktu berbuka itu terasa lama banget dan sangat menyiksa, detik-detik yang berputar terasa sangat lama. Mungkin ini juga yang lo rasakan. Dan biasanya ketika adzan dateng gue secara otomatis menjadi mahluk yang tak terkendali, hanya kekenyangan yang bisa menghentikan gue.

5. Broadcast permintaan minta maaf
Ini kegiatan paling mainstrean dari tahun-ketahun. gue seneng banget beberapa hari sebelum puasa kemarin, hp gue rame banget sama pesan broadcast dari temen-temen random gue di BBM, ya walaupun pesan broadcast gue tetep senang dong akhirnya handphone gue ada juga gunanya :')

Well, itu semua rangkuman dari survey kecil-kecilan gue, dengan responen sebanyak 3 orang. Kalo ada tambahan atau kegiatan mainstream yang lain yang lo ketahui,share di kotak komentar ya. J



PS: Kegiatan yang seharusnya mainstream di bulan ramadhan,namun sangat jauh dan kurang diminati kawula muda : Tarawih, Tadarus, Menjaga mata dan hati dan menjaga ucapan. Miris memang namun itulah kenyataan nya.

10 komentar:

  1. mampir warteg gan :v hahaha namanya juga mahasiswa

    BalasHapus
  2. Sangat disayangkan anak muda zaman sekarang... :)

    BalasHapus
  3. Broadcast permintan maaf emang udah mainstream banget. Tapi yang lebih mainstream lagi update "met buka all~" yang kadang gue temuin wkwkwk :p

    BalasHapus
  4. PS terakhirnya itu lhoo. semoga banyak yg sadar. amin.

    BalasHapus
  5. Kampreeet. Bangun-bangun buka. Iya, banget ini. Wkwkwk.
    Ngabuburit? Penting? Bantuin Mama ajasih. Cielah.
    Broadcast itu emg mainstream bgt dgn adanya perkembangan zaman, ditambah lebih mainstream lagi kalau RU sering penuh dengan kata-kata, "Happy fasting" atau "Happy breakfasting". Biasanya yang taken, nih. .___.

    BalasHapus
  6. ini bener banget kegiatan mainstream dunia kaya lebih penting daripada kegiatan mainstream yang seharusnya
    ckckck

    BalasHapus
  7. salam kenal bang, ikut komentar postingan ramadhan
    yang diatas itu benar banget bang, sayangnya yang harusnya dilakukan malah tinggal wkwkwk

    BalasHapus